Abstrak


Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Hamil Tentang Hubungan Seksual Selama Kehamilan Pada Trimester I Di Klinik Wikaden Yogyakarta


Oleh :
Hartanti Wahyu Utami - R1113030 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Hubungan seksual sangat terkait dengan proses keintiman. Sebagian Ibu hamil kurang mengetahui tentang seks  selama kehamilan dan menunjukkan sikap menghindari berhubungan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubung anantara pengetahuan dengan sikap ibu hamil tentang hubungan seksual selama kehamilan pada TM I di BPRB Wikaden.

Metode : Penelitian menggunakan desain penelitian Observasional Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik sampling yang digunakan total sampling dengan jumlah sampel 35 ibu hamil TM I. Instrumentasi penelitian menggunakan kuisioner. Analisa data menggunakan uji statistik lambda.

Hasil : Mempunyai pengetahuan kurang tentang seks yaitu 14 ibuhamil (40%). Sikap negative yaitu 18 ibu hamil (51.4%) .Hasil analisis lambda yaitu r = 0.529.

Kesimpulan : Terdapat Hubungan antara Pengetahuan dengan sikap ibu hamil tentang hubungan seks selama kehamilan TM I di BPRB WIKADEN, maknanya adalah semakin tinggi pengetahuan tentang seksual semakin  baik  sikap dalam berhubungan seks selama kehamilan TM I.