Abstrak


Analisis Pengaruh Implementasi Ppk-Blu Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Kasus Pada Rsud Dr. Moewardi Surakarta)


Oleh :
Muhammad Rizka Al Hakim - F0309055 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kinerja keuangan pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta setelah mengimplementasikan PPK-BLUD, dan apakah RSUD Dr. Moewardi Surakarta telah mengimplementasikan fleksibilitas PPK-BLUD sesuai dengan peraturan- peraturan tentang BLUD.

Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Dokumentasi meliputi pengumpulan data-data angka dari laporan keuangan RSUD Dr. Moewardi Surakarta periode 2008 – 2013. Wawancara dilakukan terhadap narasumber dariRSUD Dr. Moewardi Surakarta yang mengerti mengenai implementasi fleksibilitas PPK-BLUD. Data-data angka dari laporan keuangan dianalisis menggunakan rasio keuangan dari Indikator Kinerja Keuangan BLU dan Catatan atas Laporan Keuangan BLU, kemudian diberikan interpretasi hasil analisis. Data-data hasil wawancara dianalisis berdasarkan kesesuaian dengan peraturan dan mekanisme fleksibilitas PPK-BLUD, kemudian diberikan penjelasan secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan fleksibilitas PPK-BLUD secara maksimal memberikan pengaruh positif terhadap kinerja keuangan Rumah Sakit pemerintah. Hal ini terbukti dari penilaian kinerja keuangan RSUD Dr. Moewardi Surakarta yang menunjukkan hasil positif dan cenderung mengalami peningkatan secara komprehensif dari tahun ke tahun.

Kata kunci: Badan Layanan Umum, peraturan Menteri Dalam Negeri No.61 tahun 2007, implementasi PPK-BLU, fleksibilitas PPK-BLUD, rasio keuangan, Indikator Kinerja Keuangan BLU.