;

Abstrak


Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas Xi Ips I Sman 4 Madiun


Oleh :
Yanuar Andaris - S861308026 - Sekolah Pascasarjana

Model pembelajaran dalam proses belajar memberi pengaruh terhadap peningkatan minat dan prestasi belajar siswa, sehingga penggunaan model pembelajaran dalam belajar sangat dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS I SMAN 4 Madiun .

Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data adalah obervasi, wawancara, dan angket. Validitas data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.

Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share diawali dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, menentukan bahan bacaan untuk dipelajari, mengamati persoalan dalam bacaan untuk dipecahkan, siswa mendiskusikan persoalan bersama kelompok, tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, tanya jawab antar kelompok, dan diakhiri menyimpulkan pelajaran secara bersama-sama. Minat belajar sejarah siswa pada kondisi awal hanya 62,40%, setelah tindakan siklus I minat meningkat 10,96% menjadi 73,36%, setelah tindakan siklus II meningkat 3,32% menjadi 76,68%. Penerapan cooperative learning tipe think pair share terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa dari siklus ke siklus dan dapat melampaui KKM. Terbukti dari meningkatnya ketuntasan klasikal dari 53,84% menjadi 69% kemudian meningkat lagi menjadi 81%.Kekurangan yang dihadapi adalah siswa masuk kelas sedikit terlambat pada waktu pergantian jam pelajaran dan siswa masih terlihat sedikit asing dengan metode think pair share. Kelebihan penerapan metode Think pair share yaitu siswa terdorong untuk memiliki solidaritas antar teman yang baik untuk kinerja kelompoknya.

Kata Kunci:    Cooperative Learning, Think Pair Share, Minat Belajar, Prestasi Belajar.