Abstrak


Pengenalan objek wisata candi ceto berbasis augmented reality


Oleh :
Fahmi Sidiek - M.3111063 - Fak. MIPA

Sejarah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan bermasyarakat. Pada masa sekarang ini sejarah sedikit demi sedikit mulai dilupakan oleh generasi muda. Padahal pada kenyataanya sejarah diajarkan di setiap jenjang pendidikan dari SD, SMP dan SMA, tetapi tetap saja generasi menganggap sejarah tidak penting.
Candi Ceto merupakan tempat bersejarah umat hindu yang berada di lereng gunung Lawu tepatnya di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Keberadaan Candi tersebut belum begitu terkenal oleh masyarakat luar.
Pembuatan aplikasi ini menggunakan berbagai software yaitu 3DS Max sebagai modeling objek 3 dimensi, Openspace3d untuk proses membuat augmented reality, Adobe Audition sebagai proses pengeditan dan pembuatan dubbing suara untuk penjelasan suara. Aplikasi ini menampilkan objek 3 dimensi Candi Ceto dari sebuah penanda (marker) dalam buku marker, apabila marker terdeteksi kamera, maka objek akan ditampilkan.
Hasil penelitian ini telah menghasilkan aplikasi berjudul “Pengenalan Objek Wisata Candi Ceto Berbasis Augmented Reality” dalam 3 dimensi. Aplikasi ini menampilkan Candi Ceto, Candi Kethek, dan Puri Taman Saraswati secara 3 dimensi terdapat penjelasan dubbing suara, serta terdapat menu zoom in, zoom out, sehingga aplikasi ini dapat mempromosikan candi tersebut.
Kata kunci : Augmented reality, Candi, Teknologi Komputer.