Abstrak


Analisis dampak revitalisasi pasar tradisional terhadap pendapatan pedagang di Pasar Masaran Cawas (Studi Kasus Di Pasar Masaran Cawas, Kabupaten Klaten)


Oleh :
Aditya Debby Ayoga - F1112001 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal, pengalaman dagang, jumlah tenaga kerja, pendidikan dan biaya terhadap pendapatan pedagang di Pasar Masaran Cawas, serta untuk mengetahui dampak revitalisasi pasar tradisional terhadap pendapatan pedagang sebelum dan sesudah revitalisasi di Pasar Masaran Cawas.
Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 90 pedagang. Metode pengambilan sampel dengan cara Randomly Sampling Methods. Alat analisis data menggunakan pengujian statistik dengan Eview6 dan SPSS Statistics21. Dalam menganalisis data menggunakan teknik analisis linear berganda dengan Uji statistik (Uji t, Uji F), Uji asumsi klasik (Multikolinearitas, Heterokedastisitas, Autokorelasi) dan Uji beda dua rata-rata.
Hasil analisis dalam uji t dengan taraf signifikansi 5% menunjukan variabel modal, pengalaman dagang, jumlah tenaga kerja, berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan pedagang, sedangkan variabel pendidikan berpengaruh signifikan namun bersifat negatif dan variabel biaya berpengaruh signifikan bersifat positif. Hasil Uji F pada a=5% menunjukan bahwa semua variabel modal usaha, pengalaman dagang, jumlah tenaga kerja, pendidikan dan biaya secara bersama-sama mempengaruhi pendapatan pedagang. Hasil uji beda dua rata-rata menunjukan bahwa terjadi kenaikan rata-rata pendapatan pedagang, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendapatan pedaganag di Pasar Masaran Cawas mengalami peningkatan sesudah dilaksanakannya revitalisasi pasar tradisional.
Kata Kunci : Pasar Tradisional, Revitalisasi Pasar, Pendapatan, Modal, Pengalaman Dagang, Jumlah Tenaga Kerja, Pendidikan, Biaya.