Abstrak


Sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan emosi peserta didik kelas viii smp negeri 1 Kebakkramat tahun ajaran 2014/2015


Oleh :
Day Shella Elqurahma Citra Pamudya - K3110017 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan emosi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kebakkramat Tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kebakkramat yang memiliki kecerdasan emosi rendah. Subjek penelitian ini berjumlah 60 orang. Subjek dibagi menjadi dua kelompok yaitu 30 orang menjadi kelompok eksperimen dan 30 orang menjadi kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan emosi. Validasi data menggunakan teknik Bivariate Pearson dengan bantuan SPSS 18. Analisis data menggunakan teknik t-test dengan bantuan SPSS 18.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan t hitung 8,463 dan t tabel 1,672 dengan nilai signifikansi 0,000, artinya bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil data pretest postest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen yang diberikan treatment berupa sosiodrama mengalami peningkatan skor lebih tinggi daripada kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment.
Simpulan penelitian eksperimen ini sosiodrama efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kebakkramat tahun ajaran 2014/2105.
Kata Kunci : Sosiodrama, Kecerdasan Emosi