Abstrak


Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien jkn – sjsn di uptd puskesmas nusukan kota Surakarta


Oleh :
Hanni Wardhani - G0011104 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Pasien JKN – SJSN sebagai pelanggan yang mempergunakan jasa layanan kesehatan di Puskesmas membutuhkan pelayanan kesehatan yang berkualitas untuk penyembuhan penyakit yang dialaminya. Selain itu, untuk mendatangkan rasa puas terhadap pelayanan kesehatan yang diterima dari petugas Puskesmas. Seperti diketahui bahwa Puskesmas merupakan suatu bentuk organisasi pelayanan kesehatan yang komprehensif mencakup aspek promosi kesehatan, pencegahan, penyembuhan dan pemulihan bagi seluruh masyarakat sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien JKN – SJSN di UPTD Puskesmas Nusukan Kota Surakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional, dengan rancangan cross-sectional (potong-lintang). Sebanyak 40 yang dipilih dengan simple random sampling adalah peserta JKN – SJSN yang memeriksakan diri di UPTD Puskesmas Nusukan Kota Surakarta yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan data dilakukan melalui pengisian kuesioner dengan bimbingan peneliti. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Chi Square dan diolah dengan Statistical Product and Service Solution (SPSS) 21.00 for Windows.
Hasil Penelitian: Penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Kesehatan mempunyai hubungan yang bermakna dengan Tingkat Kepuasan Pasien JKN – SJSN.
Simpulan Penelitian: Terdapat hubungan yang secara statistik signifikan antara Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien JKN – SJSN dengan OR = 20,8; CI 95% = 2,35–184,40; p<0,001.
Kata Kunci: JKN – SJSN, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Tingkat Kepuasan