Abstrak


Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mojogedang Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Tahun Pelajaran 2014/2015


Oleh :
Kukuh Ragil Putro - K7407194 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mojogedang pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Tahun Pelajaran 2014/2015, 2) pengaruh penggunaan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mojogedang pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Tahun Pelajaran 2014/2015 dan 3) pengaruh keterampilan mengajar guru dan penggunaan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mojogedang pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojogedang tahun pelajaran 2014/2015. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel: 1) keterampilan mengajar guru terhadap variabel motivasi belajar siswa, 2) variabel fasilitas belajar terhadap variabel motivasi belajar siswa 3) variabel keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar Siswa.