;

Abstrak


Pengelolaan Pembelajaran Ipsdi Sd 1 Gulang Kecamatan Mejobo Kabuapaten Kudus


Oleh :
Mundirin - S811308026 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasiserta kendala pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar 1 Gulang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus

Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdengandesainetnografi.Nara sumberdalampenelitianiniadalahkepalasekolah, guru, dansiswa.Metodepengumpulan data menggunakanwawancaramendalam, observasi, dandokumentasi.Analisis data menggunakan model analisisinteraktif.

Hasilpenelitianmenunjukkan: (1) Persiapanpembelajaran IPS kelas V di SD 1 Gulang Kecamatan mejobo Kabupaten Kudus meliputi persiapan prota, promes, silabus, RPPĀ  dan media pembelajaran berupa PPT, LCD, dan alat peraga. Persiapan dilakukansecara mandiri di awal semester, tujuannyauntuk efektivitas pembelajaran IPS. (2) Pelaksanaan pembelajaran IPS kelas V di SD 1 Gulang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus diawali oleh guru dengan deskripsi materi pembelajaran IPS secara global melalui power point,alat peraga berupa peta, globe dan gambar sehingga siswa tertarik, antusias, tenang dan mudah memahami materi pembelajaran. Kelaskondusifdenganadanyainteraksiantara guru dengansiswa yang diakhiridenganmenyimpulkanmateridanpemberianmotivasi serta tugas rumah. (3) Evaluasi pembelajaran IPS kelas V di SD 1 Gulang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus dilaksanakan pada akhir pembelajaran, setiap SK 1 kali evaluasi, evaluasi dalam bentuk tertulis dan praktik, dengan kriteria keberhasilan berupa nilai yang diperoleh siswa minimal sesuai KKM yaitu 75.(4) KendalabelajarIlmu Sosialpada tahap perencanaanpersiapandalam bentukalat-alatpembelajaranyang akandisiapkanpada awalsemester. Kendaladi pelaksanaan pembelajaranadalah kurangnyasiswa dalampenguasaan materi. Kendalapembelajarandalam bentukevaluasikesiapankurangtahapevaluasiyang diberikan olehsiswasecara spontan.

Kata Kunci: Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial.