Abstrak


Penerapan Lifeskills Counselling Untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Karier (Penelitian Dilakukan Pada Siswa Kelas XII IPA 3 SMAN 4 Sidoarjo Tahun Ajaran 2014/2015)


Oleh :
Himawan Catur Yoga - K3109040 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil keterampilan pengambilan keputusan karier dan menguji keefektifan penerapan lifeskills counselling untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan karier siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 4 Sidoarjo Tahun Ajaran 2014/2015

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test. Penelitian dilakukan dalam 5 tahap lifeskills counselling yaitu Develop, Assess, State, Intervene, dan Emphasize. Subjek pada penelitian ini adalah 5 (lima) orang siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 4 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan wawancara konseling. Analisis data menggunakan teknik analisis statisitik deskriptif dan non parametrik denganĀ  uji Wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pengambilan keputusan karier meningkat sebesar atau 48,20 atau 28,506%, skor keterampilan pengambilan keputusan karier meningkat dari skor rata-rata 170,2 sebelum diberikan perlakuan menjadi 218,4 setelah diberikan perlakuan lifeskills counselling. Hasil uji hipotesis antara skor pre-test dan skor post-test menunjukkan nilai Z skor -2,023 dengan asymp sig (2-tailed) = 0,043 < = 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa ada perbedaan keterampilan pengambilan keputusan karier pada siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 4 Sidoarjo sebelum dan sesudah diberi perlakuan lifeskills counselling

Simpulan hasil penelitian ini adalah penerapan lifeskills counselling efektif dalam meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan karier siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 4 Sidoarjo Tahun Ajaran 2014-2015.

Kata Kunci: karier, keterampilan pengambilan keputusan, lifeskills counselling