Abstrak


Penerapan Lifeskills Counselling Untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Karier (Penelitian Dilakukan Pada Siswa Kelas XII IPA 3 SMAN 4 Sidoarjo Tahun Ajaran 2014/2015)


Oleh :
Himawan Catur Yoga - K3109040 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil keterampilan pengambilan keputusan karier dan menguji keefektifan penerapan lifeskills counselling untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan karier siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 4 Sidoarjo Tahun Ajaran 2014/2015

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test. Penelitian dilakukan dalam 5 tahap lifeskills counselling yaitu Develop, Assess, State, Intervene, dan Emphasize. Subjek pada penelitian ini adalah 5 (lima) orang siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 4 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan wawancara konseling. Analisis data menggunakan teknik analisis statisitik deskriptif dan non parametrik dengan  uji Wilcoxon.

<!--[if gte vml 1]> lifeskills counselling. Hasil uji hipotesis antara skor pre-test dan skor post-test menunjukkan nilai Z skor -2,023 dengan asymp sig (2-tailed) = 0,043 < = 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa ada perbedaan keterampilan pengambilan keputusan karier pada siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 4 Sidoarjo sebelum dan sesudah diberi perlakuan lifeskills counselling

Simpulan hasil penelitian ini adalah penerapan lifeskills counselling efektif dalam meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan karier siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 4 Sidoarjo Tahun Ajaran 2014-2015.

Kata Kunci: karier, keterampilan pengambilan keputusan, lifeskills counselling