Abstrak


Strategi Pemasaran Pada Objek Wisata Pemandian Cokro Tulung Di Kabupaten Klaten


Oleh :
Desy Arumningtyas - F3211028 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh pengelola Obyek Wisata Umbul Cokro Tulung. Strategi pemasaran sangatlah penting bagi perusahan untuk memajukan atau mengembangkan perusahannya.

Sumber penelitiaan ini adalah pengelola Obyek Wisata Pemandian Cokro Tulung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yaitu mengambil obyek tertentu untuk dianalisis secara mendalam dengan memfokuskan pada suatu masalah.Data yang digunakandalampenelitianiniadalah data skunder.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan suatu referensi dan menjadi pertimbangan pengambilan keputusan pihak Dinas Pariwisata Klaten dan pihak lainnya dalam menghadapi permasalahan yang serupa dengan topic peneliti. Strategi pemasaran yang digunakan oleh Obyek Wisata Umbul Cokro adalah Marketing Mix Jasa, antara lain adalah Price untuk menentukan harga tiket masuk berdasarkan tiga faktor yaitu biaya operasional, gaji dan persaingan. Product tempat wisata yang masih mempertahankan keasliaanya. Promotion promosi yang dilakukan dengan cara menggunakan periklanan, personal selling, sales promotion, dan sasaran promosi. Place untuk saluran distribusi jasa wisata bekerja sama dengan biro perjalanan. People karyawan sudah sangatlah berpengalaman dalam pengelolaan obyek wisata.Process dibuat secara jelas dan rinci supaya memudahkan para wisatawan. Pelayanan , memberikan pelayanan yang sangat memuaskan untuk wisatawan.

Dari penelitian yang ada, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan dapat memberikan pengaruh yang besar dalam pengembangan Obyek Wisata Pemandian Cokro Tulung

Kata kunci : Bauran Pemasaran Jasa (marketing mix) Price, Product, Promotion, Place, People, Process, Pelayanan.