Abstrak


Pengaruh partisipasi anggaran terhadap budgetary slack dengan penekanan anggaran, asimetri informasi, dan struktur organisasi sebagai variabel moderasi pada organisasi sektor publik (Studi Empiris Atas Persepsi Para Pegawai pada Badan Pertanahan Nasional


Oleh :
Erika Nadiyya Rizanty - F1312044 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran terhadap budgetary slack dengan menggunakan penekanan anggaran, asimetri informasi, dan struktur organisasi sebagai variabel moderasi. Hipotesis yang diajukan adalah partisipasi anggaran yang tinggi akan berpengaruh positif terhadap budgetary slack. Penekanan anggaran, asimetri informasi, dan struktur organisasi akan berpengaruh positif terhadap budgetary slack.
Populasi dalam penelitian ini adalah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang dikirimkan melalui pos. Rumus yang digunakan dalam perhitungan penelitian ini adalah regresi linier, dimana masing-masing variabel saling diinteraksikan untuk mengetahui pengaruh variabel independen dan moderating terhadap variabel dependen.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh positif terhadap budgetary slack. Selain itu, penekanan anggaran dan asimetri informasi memoderasi hubungan antara partisipasi anggaran dan budgetary slack, namun struktur organisasi tidak berpengaruh terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dan budgetary slack.
Kata kunci: partisipasi anggaran, penekanan anggaran, asimetri informasi, struktur organisasi, budgetary slack