Abstrak


Optimalisasi penerapan alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai gerakan kayang pada siswa kelas xi ips 1 sma islam 1 surakarta tahun pelajaran 2014/2015


Oleh :
Ilham Sapto Widodo - K4610046 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar senam lantai gerakan kayang siswa kelas XI IPS 1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas siswa kelas XIIPS 1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 21 siswa. Sumber data adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan tes. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan alat bantu pembelajaran menggunakan sabuk dan dinding dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai gerakan kayang dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II yang ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan persentase ketuntasan. Ketercapaian ketuntasan hasil belajar senam lantai gerakan kayang dari kondisi awal sebesar 28,60 %. Dari kondisi awal ke siklus I sebesar 61,90 %. Dari siklus I ke siklus II sebesar 80.95%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan dari kondisi awal ke siklus II sebesar 80.95%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai gerakan kayang pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci: hasil belajarsenam lantai gerakan kayang, alat bantu pembelajaran