Abstrak


Efek Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi oleh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Indovision di Kota Solo)


Oleh :
M Frisca Ayu - F0210081 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas produk terhadap kepercayaan dan kepuasan pelanggan, serta menguji kualitas produk, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Indovision di Kota Solo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 154 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling, yaitu purposive sampling. Teknik pengujian data menggunakan SEM dengan bantuan perangkat GeSCA.
Berdasarkan hasil analisis model struktural SEM dalam penelitian ini, didapatkan hasil : kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas produk, tetapi berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Keterbatasan dalam penelitian ini adalah obyek amatan difokuskan pada pelanggan Indovision di Kota Solo, sehingga berdampak pada generalisasi studi yang bersifat terbatas. Penelitian selanjutnya dapat melengkapi keterbatasan pada penelitian ini.
Kata kunci : kualitas produk, kepercayaan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan.