Abstrak


Hubungan pemberian asi eksklusif dengan picky eater pada anak usia 1-3 tahun di puskesmas kratonan Surakarta


Oleh :
Umi Arifah - G0011203 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Picky Eater adalah masalah makan yang sering dijumpai pada anak dimana anak menolak makanan tertentu atau pilih-pilih makan, namun masih mengonsumsi makanan dari empat kelompok makanan, yaitu karbohidrat, protein, sayur/buah, dan susu. Munculnya Picky Eater ini dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah pengalaman makan awal pada anak termasuk pemberian ASI. ASI memberikan pengalaman rasa yang lebih bervariasi pada anak sehingga anak cenderung tidak Picky dan mudah menerima makanan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian ASI Eksklusif dengan Picky Eater pada anak usia 1-3 tahun di Puskesmas Kratonan Surakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Subjek penelitian adalah anak usia 1-3 tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Kratonan dengan jumlah sampel sebanyak 96 anak. Variabel bebas penelitian ini adalah pemberian ASI eksklusif dan variabel terikatnya adalah Picky Eater. Variabel diukur menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan uji Chi Square dan diolah dengan program komputer.
Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian didapatkan sebanyak 43 anak (44,8%) mengalami Picky Eater dan sebanyak 59 anak (61,5%) mendapat ASI eksklusif. Hasil analisis statistik penelitian dengan uji Chi Square didapatkan nilai X2 = 0,058 dan significancy sebesar 0.975 yang berarti bahwa secara statistik pemberian ASI Eksklusif tidak berhubungan dengan Picky Eater pada anak usia 1-3 tahun.
Simpulan Penelitian: Tidak terdapat hubungan antara pemberian ASI Eksklusif dengan Picky Eater pada anak usia 1-3 tahun di Puskesmas Kratonan, Surakarta.
Kata Kunci: Picky Eater, ASI Eksklusif, Anak usia 1-3 tahun.