Abstrak


Analisis produktivitas tenaga kerja dan beban kerja karyawan pt sari warna asli i Kebakkramat Karanganyar


Oleh :
Bastian Putra Damar Jaya - F3510018 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Produktivitas kerja merupakan suatu hasil kerja dari seorang karyawan. Sering terjadi produktivitas kerja karyawan menurun dikarenakan kemungkinan adanya ketidaknyamanan dalam bekerja, upah yang minim dan juga ketidak puasan dalam bekerja. Beban kerja merupakan konsekuensi dari kegiatan yang diberikan kepada pekerja. Dalam prakteknya beban kerja yang dijumpai merupakan kombinasi antara beba kerja fisik dan beban kerja mental.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat produktivitas tenaga karja PT.Sari Warna Asli dan untuk mengetahui beban kerja karyawan PT.Sari Warna Asli. Faktor yang mempengaruhi produktivitas adalah kualitas dan kemampuan fisik karyawan, Setelah data dianalisi dengan metode Work Force Analysis dan Work Load Analysis, maka dapat diketahui tingkat produktivitas dalam 3 bulan sebesar 12.293,5 yard/bulan pada bulan Oktober, 6590,2 yard/bulan pada bulan November, dan 1149,5 yard/bulan pada bulan Desember. Untuk beban kerja karyawan dapat dilihat dengen prosentase ketidak hadiran yaitu, Pada bulan Oktober prosentase sebesar 4,62%, November 8,43%, dan Desember 5,14%.
Berdasarkan pembahasan analisi data dan kesimpulan hasil penelitian ada beberapa saran bagi perusahaan antara lain : Lebih mengoptimalkan jam kerja yang digunakan oleh tenaga kerja, agar tenaga kerja dapat lebih memanfaatkan waktu kerja sehingga tinggat produktivitas tinggi, Melakukan pengontrolan karyawan yang sering tidak masuk agar produktivitas dan beban kerja karyawan tercapai.
Kata Kunci : Produktivitas dan Beban Kerja Karyawan