;

Abstrak


Model Pembelajaran Koopertif Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus di Kelas V SDN 3 Plosorejo Kecamatan Tawangharjo Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014)


Oleh :
Rahmawati - S811308031 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di SDN 3 Plosorejo Kecamatan Tawangharjo Grobogan. (2) Pelaksanaan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di SDN 3 Plosorejo Kecamatan Tawangharjo Grobogan. (3) Evaluasi model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di SDN 3 Plosorejo Kecamatan Tawangharjo Grobogan dan hasil yang dicapai. (4) Kendala yang ditemui dalam model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 3 Plosorejo Kecamatan Tawangharjo Grobogan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) pada tahap perencanaan, Guru mempersiapkan perangkat pembelajaran di awal semester meliputi protah, promes, silabus, RPP, materi, dan media pembelajaran. Penyusunan perencanaan pembelajaran secara mandiri dan sharing dengan rekan guru kelas lainnya. Tujuan Perencanaan pembelajaran untuk mengefektifkan guru dalam proses pembelajaran Matematika. (2) Guru kelas V memulai pembelajaran dengan mengacu pada SK/KD yang ada dalam silabus dan RPP. Guru memulai pembelajaran dengan berdoa, mengabsensi, menanyai materi pelajaran periode yang lalu, dan menjelaskan metode pembelajaran serta topik pelajaran yang akan disampaikan. Guru selanjutnya memilih siswa yang berprestasi untuk menjadi utor dalam pembelajaran Matematika, Guru mengawasi proses pembelajaran dengan metode Tutor Sebaya, memberikan pembinaan dan pengarahan. Guru mengakhiri pembelajaran dengan menyimpulkan bersama dan memberikan motivasi pada siswa. (3) Evaluasi hasil belajar Matematika dilaksanakan setelah pembelajaran. Evaluasi berbentuk tes tulis, pilihan ganda dan essay. Kriteria keberhasilan adalah nilai yang diperoleh siswa minimal sesuai KKM 75. (4) Kendala yang dihadapi oleh Guru kelas V dalam mata pelajaran Matematika dengan model tutor sebaya adalah adanya kesulitan tutor dalm berkomunikasi dan ketika akan diadakan evaluasi sebelumnya Guru harus memberikan informasi agar siswa siap dan hasilnya bisa maksimal.
Kata Kunci :Model Pembelajaran, Tutor Sebaya, Matematika.  
ABSTRACT
The purpose of this study is to get the discription of (1) Planningcooperative learning modelof peer tutoringin mathematicsfifth grade studentsinpublic elementary schools3PlosorejoDistrict ofTawangharjoGrobogan. (2) The learning modelof peer tutoringin mathematicsfifth grade studentsinpublic elementary schools3PlosorejoDistrict ofTawangharjoGrobogan. (3) Evaluation ofthe learning modelof peer tutoringin mathematicsfifth grade studentsinpublic elementary schools3PlosorejoDistrict ofTawangharjoGroboganandresults achieved. (4) Problem which are found in learning activity of peer tutoring in mthematics fifth grade studentsinpublic elementary schools3PlosorejoDistrict ofTawangharjoGroboganandresults achieved. This study is aqualitativeresearchdesignethnography. Resource personsin this studyis the principal,teachers, andstudents. Methods of data collectionusingin-depthinterviews, observation, anddocumentation. Analysis ofthe datausinginteractiveanalysis model. The results showed :(1) at the planning stage, teacherspreparelearningdevicesinthe beginning ofthe semestercoveringprotah, promissory notes, syllabi, lesson plans, materials, andinstructional media. Preparation oflesson plansindependently andsharingwithcolleaguesof otherclassroom teachers. Planninggoalof learningtostreamlineMathematicsteacherin the learning process. (2) The teacherstartedteachingfifth gradewithreference toSK/KDis in thesyllabusandlesson plans. Teacherslearningtopraymemlai, mengabsensi, questioningthe subject matterlastperiod, anddescribes a methodof learningandteachingtopicsthat will bedelivered. Teachersthenchoose thestudentswho exceltobeutorin learningmathematics, teacherssupervisethe learningprocesswithPeer tutoringmethods, providingguidanceand direction. The teacherended thelessonby concludingwithand motivatestudents. (3) Evaluation oflearning outcomesconductedafterlearningof Mathematics. Evaluationform ofwritten tests, multiple choiceandessay. Success criteriaisa minimumvalueobtained bythe studentin accordanceKKM75. (4) Problem which are found by the fifth Teacher in math learning with the peer tutoring Keywords :Modelsof Learning, PeerTutor, Math.