;

Abstrak


Peningkatan Keterampilan Memerankan Tokoh dalam Pementasan Drama dengan Metode Role Playing dan Media Film Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu


Oleh :
Wiendi Wiranty - S841308025 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran memerankan tokoh dalam pementasan drama dan meningkatkan keterampilan memerankan tokoh dalam pementasan drama dengan metode Role Playing dan media film.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian  siswa dan guru kelas XI IIS1 SMA Negeri 1 Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes atau penugasan. Uji validitas data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kritis komparatif.  
Hasil penelitian penerapan metode Role Playing dan media film dalam penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran memerankan tokoh dalam pementasan drama siswa kelas XI IIS1 SMA Negeri I Putussibau. Hasil dapat dilihat pada siklus I siswa yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat yaitu 5 siswa (15,62%) terjadi kenaikan sebesar 12,62 dengan nilai rata-rata 69,5. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat menjadi 10 siswa (31,25%) terjadi kenaikan sebesar 15,62% dengan nilai rata-rata 70,37. Pada siklus III pencapaian ketuntasan klasikal sudah lebih dari 75% dan kriteria ketuntasan minimal lebih dari 80.
Kata kunci: Memerankan Tokoh dalam Pementasan Drama, Role Playing, Kualitas Pembelajaran