Abstrak


Perancangan dan Pembuatan Rangka Kendaraan Roda Tiga Reverse Trike


Oleh :
Eko Cahyo Nugroho - I8111020 - Fak. Teknik

ABSTRAK
Proyek Akhir ini bertujuan untuk merancang bangun prototipe sebuah sepeda motor beroda tiga dengan dua roda depan. Laporan ini dikhususkan pada bagian rangka depan kendaraan. Pembuatan prototipe sepeda motor tipe trike ini di mulai dari perancangan rangka depan, pembuatan rangka depan, hingga pemasangan rangka depan, dan uji coba kekuatan rangka rangka depan dan kekuatan las.
Hasil dari rancang bangun sepeda motor roda tiga ini adalah sebuah kendaraan yang mampu bermanufer dengan lincah saat berbelok layaknya sepeda motor roda dua, stabil dan mudah ketika dikendarai, dan aman dari segi perancangan dan pemakaian kendaraan.
Pada perancangan konstruksi rangka, kenyamanan dan keamanan adalah hal yang paling wajib dipenuhi. Dari hasil perhitungan kekuatan las rangka didapatkan hasil bahwa, tegangan tarik yang bekerja pada swing arm lebih kecil dari kekuatan tarik maksimum yang mampu diterima oleh pengelasan. Dan tegangan geser yang bekerja akibat beban lebih kecil dari tegangan geser maksimum yang mampu diterima sambungan las. Sehingga dengan demikian sambungan tersebut dapat dinyatakan aman dengan safety factor 4 hasil dari penghitungan..
Kata Kunci : sepeda motor, reverse trike, rangka depan, pengelasan