Abstrak


Perkembangan Pondok Pesantren Al Ukhuwah di Sukoharjo Tahun 2002-2012


Oleh :
Hendrawan Hari Wijaya - C0509017 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Penelitaian ini bertujaan: 1) Untuk mengetahui latar belakang berdirinya pondok pesantren Al Ukhuwah di Sukoharjo 2) Untuk mengetahui perkembangan dari Pondok Pesantren Al Ukhuwah di Sukoharjo tahun 2002-2012 3) Untuk mengetahui peranan Pondok Pesantren Al Ukhuwah kepada masyarakat di Sukoharjo.
Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka. Data-data yang diperoleh dengan cara tersebut kemudian dianalisis dengan metode historis yaitu melalui tahapan heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Penelitian ini bersifat kualitatif yang terwujud dalam bentuk laporan penulisan yang bersifat deskriptif analisis yang berusaha mendeskripsikan serta menganalisis setiap kondisi yang berkaitan dengan perkembangan Pondok Pesantren Al Ukhuwah tahun 2002-2012.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdirinya Pondok Pesantren Al Ukhuwah Sukoharjo dilatar belakangi bermashaf salafi Ahlul Sunnah Wal Jamaah. Berdirinya Pondok Pesantren Al Ukhuwah berdampak langsung dalam bidang pendidikan di Sukoharjo. Pendidikan berbasis pondok pesantren di Sukoharjo dapat tumbuh dan berkembang pesat. Pondok Pesantren Al Ukhuwah dalam perkembanganya berhasil menjadi lembaga pendidikan Islam yang diminati dimasyarakat Sukoharjo. Hal tersebut terlihat dengan adanya peningkatan jumlah santri secara terus menerus. Pondok Pesantren Al Ukhuwah juga selalu berusaha meningkatkan mutu pendidikannya. Pondok Pesantren Al Ukhuwah di Sukoharjo menjadi sangat penting karena terbukti mendapatkan reaksi positif dari masyarakat Sukoharjo. Berdirinya pondok pesantren disuatu daerah berdampak terhadap pendidikan dan sosial dimasyarakat sekitar. Perkembangan pondok pesantren tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan kebudayaan yang dipengaruhi dari sistem pendidikan yang dijalankan. Pondok pesantren tidak hanya bergerak dalam bidang pendidikan saja, Pondok pesantren juga bergerak dalam bidang dakwah dan sosial. Bidang dakwah dan sosial merupakan penerapan dari ilmu yang di dapat dari kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di pondok pesantren.
Kata kunci : Sekolah, Pondok Pesantren Al Ukhuwah, Sukoharjo.