;

Abstrak


Pembelajaran Matematika melalui Rancangan Inkuiri ( Studi Kasus Pada KD Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Ngadirojo Pacitan)


Oleh :
Mochamad Arif Hidajat - S811308024 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru terhadap metode inkuiri, pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa serta kendala yang dihadapi pada pembelajaran melalui rancangan inkuiri mata pelajaran Matematika kelas IX SMP Negeri 3 Ngadirojo Pacitan.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Matematika serta siswa kelas IX SMP Negeri 3 Ngadirojo. Dalam penelitian ini digunakan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan penggunaan dokumen. Penelitian ini juga menggunakan metode triangulasi dimaksudkan agar data yang diperoleh selalu diperiksa kebenarannya melalui pencarian informasi lebih jauh dari sumber-sumber lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman tentang konsep metode inkuiri pada sebagian besar guru matematika di SMP Negeri 3 Ngadirojo. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode inkuiri pada mata pelajaran Matematika juga sangatlah beragam. Bahwa guru matematika mengalami hambatan penerapan metode inkuiri ketika pembelajaran sedang berlangsung. Di sisi lain penerapan metode inkuiri pada KD Bangun Ruang Sisi Lengkung telah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Ngadirojo Pacitan. terjadi peningkatan rata-rata nilai ulangan harian jika dibandingkan dengan nilai ulangan harian KD sebelumnya, yakni dari 76 menjadi 78.
Kata Kunci : metode inkuiri, pemahaman guru, pembelajaran