Abstrak


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif melalui Penerapan Media Audio Visual Siswa Kelas V SD Negeri Ngombakan 2 Polokarto Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015


Oleh :
Yunus Wido Pratanto - K4607063 - Fak. KIP

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran gerak dasar manipulatif pada siswa kelas V SD Negeri Ngombakan 2 Polokarto Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas Perencanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri Ngombakan 2 Polokarto Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015 berjumlah 25 orang yang terdiri atas 14 siswa putri dan 11 siswa putra. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian hasil belajar gerak dasar manipulatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif kualitatif dengan hasil presentase.
Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra tindakan ke siklus I dan siklus II. Prestasi belajar gerak dasar manipulatif pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 52% atau 13 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase prestasi belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 80% atau sejumlah 20 siswa.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif siswa kelas V SD Negeri Ngombakan 2 Polokarto Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015.