Abstrak


Pengaruh perilaku kepemimpinan pada kinerja dengan heterogenitas umur, jenis kelamin dan latar belakang budaya dalam tim kerja sebagai variabel pemoderasi (Studi Pada Karyawan PT. Sri Rejeki Isman Sukoharjo)


Oleh :
Dinna Najwa - F0207061 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku kepemimpinan pada kinerja serta untuk menguji peran pemoderasi persepsi heterogenitas dalam tim kerja pada kinerja.
Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah 171 karyawan PT. Sri Rejeki Isman Sukoharjo diambil dengan metode convenience sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Hierarchical Regression Analysis dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kepemimpinan transformasional, transaksional, konsiderasi dan initiating structure berpengaruh positif pada kinerja dan kepemimpinan laissez faire berpengaruh negatif pada kinerja. Kedua, persepsi kepemimpinan transaksional tidak memoderasiheterogenitas dalam tim kerja pada kinerja. Ketiga, persepsi kepemimpinan transformasional tidak memoderasi heterogenitas dalam tim kerja pada kinerja. Keempat, persepsi kepemimpinan laissez-faire memoderasi heterogenitas dalam tim kerja pada kinerja. Kelima, persepsi kepemimpinan konsiderasi tidak memoderasi heterogenitas dalam tim kerja pada kinerja. Keenam, persepsi kepemimpinan initiating structure tidak memoderasi heterogenitas dalam tim kerja pada kinerja.
Kata kunci : perilaku kepemimpinan, kinerja, heterogenitas dalam tim kerja