Abstrak


Pembelajaran pengenalan alat musik ritmis tradisional di indonesia untuk anak-anak berbasis teknologi augmented reality


Oleh :
Glorius Talangrasa - M.3111071 - Fak. MIPA

Pendidikan dan pembelajaran membutuhkan media yang tepat untuk mengatasi sikap pasif pada anak didik. Media yang tepat dalam pembelajaran dapat meningkatkan kegairahan belajar dan memungkinkan interaksi antara anak didik dengan materi yang dipelajarinya. Salah satu materi pembelajaran yang membutuhkan media tersebut adalah pembelajaran alat musik khususnya alat musik ritmis tradisional di Indonesia.
Materi yang digunakan sebagai subjek aplikasi pembelajaran ini adalah perkusi tradisional Indonesia. Dalam aplikasi pembelajaran ini terdapat pemodelan objek perkusi dalam bentuk tiga dimensi dari sebagian wilayah di Indonesia yang dibuat dengan software 3Ds Max. Kemudian objek-objek tiga dimensi tadi dibangun menjadi sebuah aplikasi dengan menggunakan software Openspace3D sebagai software Augmented Reality.
Kehadiran teknologi Augmented Reality pada aplikasi pembelajaran alat musik perkusi tradisional Indonesia diharapkan dapat menyumbangkan inovasi dalam pembelajaran dan mampu menambah variasi dari media pembelajaran sebelumnya.
Kata kunci: augmented reality, perkusi.