Abstrak


Pengaruh Tempat Pembuangan Akhir Sampah Putri Cempo Surakarta Terhadap Kualitas Air Sumur Dangkal Penduduk Sekitar


Oleh :
Bima Yudhyarto - I1107004 - Fak. Teknik

Bima Yudhyarto, 2015. “PENGARUH TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH PUTRI CEMPO SURAKARTA TERHADAP KUALITAS AIR TANAH DANGKAL PENDUDUK SEKITAR”. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
TPA Putri Cempo yang berada di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Surakarta adalah tempat pembuangan dan penimbunan sampah dari Kota Surakarta. Tempat ini menjadi satu lokasi dengan pemukiman penduduk sehingga dikhawatirkan mencemari air dangkal di sekitarnya yang digunakan sebagai sumber air oleh masyarakat di sekitar TPA. Sebagian penduduk yang berada di sekitar TPA masih memanfaatkan air tanah dangkal (air sumur gali) sebagai sumber air minum, mandi, cuci, dan kakus (MCK), dan sebagainya.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, evaluative, dan eksperimental. Penelitian deskriptif dengan penentuan pola aliran air tanah dan pengambilan sampel air sumur. Penelitian evaluatif dengan mengevaluasi masing-masing parameter yang akan diteliti. Penelitian eksperimental dengan menguji sampel air sumur TPA Putri Cempo.
Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan, uji total koliform ambang batas maksimumnya <50 MPN/100ml dan disemua sumur melebihi ambang batas yang diisyaratkan yaitu 460 MPN/100ml, 1100 MPN/100ml, 1240 MPN/100ml. Kualitas air di sekitar TPA Putri Cempo menunjukkan bahwa kualitas air sumur tidak layak digunakan untuk air minum. Air sumur yang terdapat di sekitar TPA tercemar air lindi sampah.
Kata kunci : TPA, kualitas air, sumur dangkal, air tanah, air lindi