Abstrak


Perkembangan koperasi batik bhakti ponorogo tahun 1947-1970


Oleh :
Retno Fitri Astuti - C0510035 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang berdirinya koperasi batik Bhakti (Batik Asli Kesenian Timur Indonesia) di Ponorogo tahun 1947-1970. Berdirinya koperasi Bhakti berawal dari adanya persaingan dagang antara pengusaha batik pribumi dengan pengusaha batik asing. Dengan adanya persaingan ini para pengusaha batik pribumi kesulitan untuk mendatangkan bahan Baku pembatikan. Sehingga para pengusaha pribumi bergabung dan bekerjasama untuk mendirikan gerakan koperasi sebagai gerakan dari persaingan dagang dari pengusaha asing.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana sejarah berdirinya koperasi batik Bhakti di Ponorogo? (2) Bagaimana perkembangan koperasi batik Bhakti tahun 1947-1970? (3) Bagaimana peranan koperasi batik Bhakti bagi pengrajin batik di Ponorogo? Penelitian ini bertujuan (1) ingin mengetahui latar belakang berdirinya koperasi batik Bhakti di Ponorogo (2) ingin mengetahui perkembangan koperasi batik Bhakti tahun 1947-1970 (3) ingin mengetahui peranan koperasi batik Bhakti terhadap pengrajin batik di Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi empat tahap, pertama adalah heuristik yang merupakan langkah awal dalam mencari sumber data baik lisan maupun tulisan, kedua adalah kritik sumber yang bertujuan untuk mencari keakuratan data, ketiga adalah interpretasi merupakan penafsiran data yang diseleksi untuk membangun fakta, keempat adalah historiografi yang merupakan penulisan dari hasil interpretasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan koperasi batik Bhakti dalam kurun waktu tahun 1947-1970an, mempengaruhi industri batik di Ponorogo mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini dikarenakan pengusaha-pengusaha batik di Ponorogo dapat bersatu untuk mendirikan sebuah koperasi untuk memudahkan dalam distribusi bahan-bahan pembatikan. Koperasi batik yang berperan dalam kemajuan industry batik di Ponorogo adalah koperasi batik Bhakti. Berkembangnya industry batik di Ponorogo memberikan dampak bagi kemajuan masyarakat Ponorogo dalam segi sosial dan ekonomi.
Kesimpulan yang dapat ditarik dalam kajian ini adalah kemajuan industry batik di Ponorogo dipengaruhi oleh peran koperasi batik dalam mendistribusikan bahan-bahan pembatikan. Selain itu adanya peran dari Pemerintah yang memberikan perlindungan kepada para pengusaha batik pribumi dari praktek monopoli pengusaha asing. Namun industry batik di Ponorogo yang mengalami masa keemasan harus mengalami kemunduran hal itu disebabkan karena munculnya batik printing di Ponorogo. Hal itu berpengaruh juga terhadap koperasi batik Bhakti yang ikut mengalami kemunduran.