Abstrak


Pengaruh besaran gaji dan pemberian jaminan sosial terhadap kinerja pegawai di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung


Oleh :
Agustyarum Pradiska Budi - F1112002 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Sumber daya manusia merupakan ujung tombak dari berputarnya roda kelembagaan. Sumber daya manusia dalam sebuah lembaga/perusahaan adalah pegawai/karyawan. Sebuah lembaga memiliki tantangan dalam hal memilih dan memanajemen sumber daya manusia mereka. Penilaian kinerja pegawai merupakan salah satu cara untuk melakukan manajemen terhadap pegawai yang bekerja. Lembaga telah menjalankan kewajibannya untuk memberikan gaji dan bahkan jaminan sosial kepada pegawai. Jadi seharusnya pegawai mampu berkontribusi secara optimal kepada lembaga.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel besaran gaji yang diberika lembaga dan pemberian jaminan sosial tenaga kerja terhadap kinerja pegawai di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam penelitian ini mengunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang disebar dengan 90 responden kemudian diolah, sedangkan data sekunder diperoleh dari membaca dan mempelajari buku, literatur dan jurnal. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatory survey dan survey deskriptif. Alat analisis yang digunakan adalah Uji Chi-Square yang penyelesaiannya dibantu menggunakan program komputer SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa besaran gaji berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dan pemberian jaminan sosial tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.
Kata Kunci : Besaran gaji, Jaminan Sosial, dan Kinerja Pegawai.