Abstrak


Penerapan mind mapping dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi Pada siswa kelas v sd negeri 01 Suruh Tasikmadu Karanganyar tahun ajaran 2013/2014


Oleh :
Jati Laksono Pamungkas - K.7110083 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan keterampilan menulis persuasi melalui penerapan Mind Maping pada siswa kelas V SD Negeri 01 Suruh tahun pelajaran 2013/2014 dan mendeskripsikan proses penerapan Mind Mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis persuasi.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung selama 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Suruh Karanganyar yang berjumlah 23 siswa kelas V SD Negeri 01 Suruh Karanganyar. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah model analisis interaktif (Milles & Huberman) yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis persuasi pada siswa kelas V SD Negeri 01 Suruh Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014.
Peningkatan keterampilan menulis persuasi tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan klasikal siswa pada setiap siklus yaitu; sebelum tindakan (prasiklus) siswa yang mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 70 hanya 10 siswa (53,48 %), siklus I sebanyak 13 siswa memperoleh nilai di atas KKM (56,52%), dan pada siklus II sebanyak 17 peserta didik memperoleh nilai di atas KKM (73,92%), dan siklus III sebanyak 20 peserta didik memperoleh nilai di atas KKM (86,96%).
Kata Kunci: Keterampilan menulis persuasi, Mind Mapping.