Abstrak


Mekanisme Pelaksanaan Transaksi Reksa Dana Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Solo


Oleh :
Dwi Rusmiati - F3612032 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari pengamatan ini adalah mengetahui bagaimana mekanisme dalam melakukan transaksi Reksadana di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Kantor Cabang Solo.
Jenis pengamatan yang penulis gunakan dalam pengamatan ini adalah deskriptif kualitatif, sehingga diperoleh informasi yang menggambarkan realitas yang adamengenai mekanisme transaksi Reksa Dana di BTN Kantor cabang Solo. Adapun sumber data yang digunakan dalam pengamatan ini diperoleh dari narasumber yang sesuai dengan posisi serta akses informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengamatan, serta diperoleh dari dokumen dan arsip yang menunjang lainnya. Teknik dalam pengamatan ini adalah melalui data sekunder yang diperoleh dari narasumber dan mengkaji dokumen serta arsip.
Penulis melakukan pengamatan mengenai mekanisme transaksi Reksa Dana di PT.Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. Reksa Dana merupakan tempat yang digunakan untuk menghimpun dana dari investor untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek yang dilakukan oleh Manajer Investasi. Reksadana merupakan alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal tidak memiliki waktu dan keahlian untuk menghitung resiko investasi. Dalam transaksi Reksadana terdapat ada pembelian, pengalihan dan penjualan kembali Reksa Dana. Dalam mengantisipasi resiko kerugian investasi Reksadana yang dialami nasabah, PT.Bank Tabungan Negara (Persero),Tbk juga melakukan penanganan keluhan nasabah ReksaDana, serta memberi gambaran mengenai strategi investasi dalam Reksa Dana.

Kata kunci : Strategi Investasi Reksadana, Pembelian Reksadana, Pengalihan Reksadana, Penjualan Kembali Reksadana, Penganan Keluhan Nasabah.

The purpose of this observation is to know how the mechanism in the implementation of mutual fund transactions in PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk branch office Solo.
Type of observations that the writer used in this observation was descriptive quantitative, in order obtain informations that described the reality that exist about mechanism in the implementation of mutual fund transactions branch office Solo. The Source of data was used in this observations is obtained from informant that appropriate to the position aw well as access to information according to the needs of the observations, and is obtained from documents and other files that support. Data collectins techniques in this observations was through informant interviews, direct observations, and reviewing documents and archives.
Authors observed about mechanism in the implementation of mutual fund transactions in PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. Mutual funds are those used to raise funds from investors to be invested performance portfolio of securities made by the investment manager. Mutual funds is an investment alternative for investors, especially small investors, do not have the time and expertise to calculate the risk of investment. The transactions mutual funds are buying, transfer and redemption. In anticipation of the risk of loss of investment funds, PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk doing handling customer complains mutual funds, and than provides a descriptions of the investment strategy in mutual funds.

Keywords : Investment Stategy mutual funds, Buying mutual funds, Transfer mutual funds, Redemptions mutual funds and Handling customer complains.