Abstrak


Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Peningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Siswa Tunarungu Kelas V Slb B Yrtrw Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015


Oleh :
Galuh Anjani Putri - K5111023 - Fak. KIP

Galuh Anjani Putri, PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP  PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA TUNARUNGU KELAS V SLB B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2015.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui pengaruh pendekatan scientific terhadap peningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa tunarungu kelas V SLB B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah delapan orang siswa kelas V  SLB B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik non parametrik yaitu analisis tes rangking bertanda (Wilcoxon Sign Rank Test) dan analisis kualitatif.

 

Nilai tes siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan pada nilai postest siswa. Pada saat pretest sebelum treatment nilai rata-rata siswa adalah 56.75, namun setelah diadakan treatment nilai rata-rata postest siswa naik secara signifikan menjadi 79.75. Signifikan atau probabilitas Z hitung hasil test statistik dengan menggunakan program olah data SPSS versi 22 adalah 0.012 berada di bawah 0.05. Nilai probabilitas Z hitung dari Uji Ranking Bertanda Wilcoxon lebih kecil daripada probabilitas kesalahan 5% (a = 0.05), dan dari hasil analisis kuantitatif diperoleh rata-rata pretest 56.75, dan postest 79.75. Sedangkan pada hasil observasi diperoleh rata-rata kinerja masing-masing siswa adalah baik dan tidak ada yang mendapat nilai di bawah rata-rata. Maka, dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Scientific berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa tunarungu kelas V SLB B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015.

 

Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),  Anak Tunarungu