Abstrak


Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan model kooperatif time token arends pada siswa kelas v sdn 02 Klodran Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014


Oleh :
Ralia Anhar - K7110133 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan model Kooperatif Time Token Arends pada siswa kelas V SD Negeri 02 Klodran tahun pelajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Klodran Colomadu Karanganyar yang berjumlah 22 siswa kelas V SD Negeri 02 Klodran Karanganyar. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah model analisis interaktif (Milles & Huberman) yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data adalah teknik triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Kooperatif Time Token Arends dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri 02 Klodran Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014.
Peningkatan keterampilan berbicara tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan klasikal siswa pada setiap siklus yaitu; sebelum tindakan (prasiklus) siswa yang mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75 hanya 7 siswa (31,82 %), siklus I sebanyak 11 siswa memperoleh nilai di atas KKM (50 %), dan pada siklus II sebanyak 21 peserta didik memperoleh nilai di atas KKM (95,45 %).
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Model Kooperatif Time Token Arends