Abstrak


Pengaruh umur tenaga kerja, status pernikahan, jenis kelamin, pendidikan dan posdaya terhadap tingkat partisipasi angkatan kerja di soloraya tahun 2008-2013


Oleh :
Christian Novandy - F.1112010 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tingkat Partisipasi Angkatan kerja (TPAK) adalah angka yang menunjukan presentase angkatan kerja terhadap penduduk usia kerja. Nilai TPAK dapat digunakan sebagai ukuran dasar untuk mengetahui penduduk yang aktif berkerja dan yang mencari perkerjaan. Tujuan dari penlitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel Umur 15 ke atas, status, jenis kelamin, pendidikan, posdaya terhadap tingkat partisipasi angkatan kerja di Soloraya tahun 2008-2013. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam penelitian ini mengunakan data sekunder yang diperoleh dari DISDUKCAPIL Provinsi Jawa Tengah dan BPS. Penelitian ini menggunakan metode analisis fixed effect model.
Hasil dari regresi dengan fixed effect model.Bahwa dari lima variabel, variabel umur memiliki nilai koefisien(0,55), status (0,32), pendidikan (0,50), Posdaya (0,06) sedangkan koefisient variable jenis kelamin (-0,31). Jadi tingkat partisipasi angkatan kerja di Soloraya dipengaruhi oleh Umur , status, pendidikan, posdaya. Namun jenis kelamin tidak ada perbedaan terhadap TPAK karena semua warga negara indonesia yang berumur 15 tahun keatas memiliki kesempatan yang sama untuk masuk dalam angkatan kerja dan memperoleh penghidupan yang layak.
.
Kata Kunci : TPAK, Umur, Status, Jenis Kelamin, Pendidikan, Posdaya,Fixed effect model