Abstrak


Ngalamating sup?na (suatu tinjauan filologis)


Oleh :
Gusti Ayu Sistyaningsih - C0110030 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Latar belakang dari penelitian naskah ini yaitu adanya varian-varian dalam NS, serta kandungan isi tentang tafsir-tafsir mimpi yang menarik dan penuh dengan.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah suntingan teks Ngalamating Supêna yang bersih dari kesalahan atau mendekati aslinya sesuai dengan cara kerja filologi dan (2) apa isi yang terkandung di dalam Ngalamating Supêna.
Tujuan penelitian ini adalah (1) menyajikan suntingan teks Ngalamating Supêna yang bersih dari kesalahan dan mendekati asli sesuai dengan cara kerja filologi dan (2) mengungkapkan isi yang terkandung di dalam teks Ngalamating Supêna.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologis yang bersifat deskriptif kualitatif. Strategi penelitiannya adalah penelitian terpancang (embedded research). Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah Ngalamating Supêna berbentuk têmbang (puisi) dan berhuruf Jawa carik berjumlah 28 halaman. Data dalam penelitian ini adalah teks dan isi teks tunggal yang terdapat pada naskah Ngalamating Supêna. Teknik pengumpulan data melalui tahapan inventarisasi katalog-katalog naskah yang tersimpan di perpustakaan atau instansi. Mendaftar judul nasakah, mengadakan pengecekan dan pengamatan, teknik reproduksi yaitu naskah dipotret dengan kamera digital, yang kemudian data ditransfer ke dalam komputer. Tahap selanjutnya teks Ngalamating Supêna ditansliterasi.
Teknik analisis data kritik teks untuk menemukan kesalahan-kesalahan, suntingan teks disertai dengan aparat kritik dan terjemahan. Metode edisi kritis atau metode standar (biasa) digunakandalam metode penyuntingan Ngalamating Supêna. Kemudian dilanjutkan dengan analisis isi menggunakan metode analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Kajian isi untuk mengungkap isi yang terkandung di dalam teks Ngalamating Supêna.
Simpulan penelitian ini adalah (1) Ngalamating Supêna koleksi Perpustakaan Sasana Pustaka Kraton Surakarta bernomor katalog 331 Ra merupakan naskah tunggal. Setelah melalui cara kerja filologi mulai deskripsi naskah, kritik teks, aparat kritik, transliterasi, maka suntingan teks Ngalamating Supêna dalam penelitian ini merupakan teks yang bersih dari kesalahan atau mendekati aslinya dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Di dalam naskah Ngalamating Supêna ditemukan varian-varian, yaitu 4 lakuna, 2 ketidakkonsistenan dan 5 hiperkorek (2) isi yang terkandung di dalamnya yaitu menceritakan mengenai tafsir mimpi yang dapat di bagi menjadi 4 tafsir, yaitu (a) mimpi baik pertanda baik (b) mimpi tidak baik pertanda baik (c) mimpi tidak baik pertanda tidak baik (d) mimpi netral pertanda baik.
Kata kunci: Ngalamating Supêna, filologis, mimpi.