Abstrak


Perbedaan kecemasan primigravida kehamilan normal dengan preeklamsia berat di rsud dr. Moewardi


Oleh :
Azizah Amalia Novia S - G0011048 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Kehamilan pertama bagi ibu (Primigravida) dapat menjadi stresor yang mengakibatkan timbulnya masalah psikologis seperti kecemasan. Kecemasan dapat meningkat pada kehamilan berisiko tinggi seperti preeklamsia, dimana ibu khawatir akan komplikasi dan kondisi janinnya. Perbedaan beban psikologis tersebut dapat menimbulkan permasalahan terhadap kualitas janin yang dikandung dan komplikasi yang menyertai proses persalinan ibu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan kecemasan primigravida kehamilan normal dengan preeklamsia berat di RSUD Dr. Moewardi.
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan RSUD Dr. Moewardi Surakarta, pada Desember 2014 hingga Januari 2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data yang didapat dianalisis menggunakan Chi Square untuk mengetahui perbedaan kecemasan pada kedua kelompok.
Hasil Penelitian :Didapatkan kecemasan pada kehamilan normal tidak cemas berjumlah 8 responden (40%) dan kecemasan ringan 12 responden (60%). Sedangkan pada preeklamsia berat didapatkan 5 responden (25%) mengalami kecemasan ringan, 13 responden (65%) mengalami kecemasan sedang, dan 2 responden (10%) mengalami kecemasan berat. Hasil analisis dengan Fisher's ExactTest menunjukkan p = 0.002 (p < 0.05)
Simpulan Penelitian : Terdapat adanya perbedaan kecemasan pada primigravida kehamilan normal dengan preeklamsia berat di RSUD Dr. Moewardi
Kata Kunci :Kecemasan, Kehamilan Normal, Preeklamsia