Abstrak


Perbedaan Pengaruh Model Latihan Dribbling dengan Menggunakan Bola Standar dan Kombinasi Bola Serta Panjang Telapak Kaki terhadap Hasil Belajar Keterampilan Dribbling Sepak Bola pada Siswa SSB Pandanaran Boyolali Tahun 2014


Oleh :
Dhito Dwi Christianta - K5610030 - Fak. KIP

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara model latihan dribbling sepakbola menggunakan bola standar dan kombinasi terhadap hasil belajar keterampilan dribbling sepakbola pada siswa SSB Pandanaran Boyolali tahun 2014; (2) Pengaruh panjang pendeknya telapak kaki terhadap hasil belajar keterampilan dribbling sepakbola pada siswa SSB Pandanaran Boyolali tahun 2014; (3) Ada tidaknya interaksi antara model latihan menggunakan bola standar dan kombinasi bola dengan panjang telapak kaki terhadap hasil belajar keterampilan dribbling sepakbola pada siswa SSB Pandanaran Boyolali tahun 2014.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelompok umur 10-12 tahun pada Sekolah  Sepakbola Pandanaran Boyolali yang berjumlah 60 anak, teknik sampling yang digunakan dalam  penelitian  ini adalah Stratified Random Sampling, dimana pada populasi dilakukan pengukuran panjang telapak kaki, kemudian dirangking dan diambil 20 teratas dan 20 terbawah. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data keterampilan dribbling sepakbola dan data panjang telapak kaki. Tes dan pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan dribbling sepakbola adalah tes menggiring bola dari Nobert Rogalski & Ernest G. Diegel yang dikutip oleh Soekatamsi (1988: 258), sedangkan untuk mengukur panjang telapak kaki menggunakan antrophometer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anava faktorial 2x2 dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas.
Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh antara model latihan dribbling menggunakan bola standar dan kombinasi bola terhadap hasil belajar keterampilan dribbling pada siswa SSB Pandanaran Boyolali tahun 2014, dengan Fhitung = 4,56 > Ftabel = 4,12; (2) Ada perbedaan pengaruh antara telapak kaki panjang dan pendek terhadap hasil belajar keterampilan dribbling pada siswa SSB Pandanaran Boyolali tahun 2014, dengan Fhitung = 6,09 > Ftabel = 4,12; (3) Ada interaksi yang bermakna antara model latihan dribbling menggunakan bola standar dan kombinasi bola dengan panjang telapak kaki terhadap hasil belajar keterampilan dribbling pada siswa SSB Pandanaran Boyolali tahun 2014, dengan Fhitung = 4,59 > Ftabel = 4,12.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh antara model latihan dribbling menggunakan bola standar dan kombinasi bola terhadap hasil belajar keterampilan dribbling pada siswa SSB Pandanaran Boyolali tahun 2014; (2) Ada perbedaan pengaruh antara telapak kaki panjang dan pendek terhadap hasil belajar keterampilan  dribbling pada siswa SSB Pandanaran Boyolali tahun 2014; (3) Ada interaksi yang bermakna antara model latihan  dribbling menggunakan bola standar dan kombinasi bola dengan panjang telapak kaki terhadap hasil belajar keterampilan dribbling pada siswa SSB Pandanaran Boyolali tahun 2014.
Kata kunci: keterampilan dribbling sepakbola, model latihan bola standar, model latihan kombinasi bola, panjang telapak kaki.