Abstrak


Analisis Perbandingan Model Altman, Springate, Zmijewski , dan Grover sebagai Prediktor Financial Destress (Studi Pada perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2011 – 2013)


Oleh :
Oktavianus Andy S.n - F0211080 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Studi ini meneliti tentang perbandingan model Altman, Springate, Zmijewski, dan Grover sebagai prediktor financial distress. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari model mana yang paling akurat dari keempat model tersebut dan cocok diterapkan di Indonesia. Sample pada penelitian ini menggunakan purpose sampling dimana data yang digunakan adalah seluruhan perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI)
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model Springatelah yang terpilih sebagi model yang paling akurat dibanding model lainnya. Model ini paling cocok diterapkan di Indonesia jika dibandingkan dengan model yang lainnya. Model yang paling buruk dalam memprediksi financial distress adalah model Grover karena memiliki tingkat akurasi kurang dari 50%
Kata kunci : Model Altman, Model Springate, Model Zmijewski, Model Grover,
financial distress
ABSTRACT
This study examines the models Altman, Springate, Zmijewski, and Grover as predictor of financial distress. The purpose of this study was to find which model is the most accurate of the four models and suitable to be applied in Indonesia. The sample in this study using purpose sampling, where data is used throughout the manufacturing componies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI).
The results of this study indicate that the model Springate chosen as the most accurate model than other models. This model is most suitable to be applied in Indonesia when compared with other models. Worst models in predicting financial distress is Grover models because an accuracy of less than 50%.
Keywords: Model Altman, Model Springate, Model Zmijewski, Model Grover,
financial distress