Abstrak


Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Persediaan pada Toko SW Yogyakarta


Oleh :
Dina Aldila Putri - F1312036 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah yang dihadapi di Toko SW terkait sistem informasi akuntansi yang berjalan dan memberikan rekomendasi sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi langsung ke objek penelitian.
Hasil observasi menunjukkan bahwa pengendalian atas persediaan masih kurang dan terdapat banyak kelemahan yang memungkinkan terjadinya kecurangan. Demikian pula halnya informasi yang diperoleh oleh pemilik menjadi tidak akurat. Dengan adanya sistem akuntansi yang diusulkan, menciptakan adanya pengawasan dan pengendalian persediaan, hal yang merugikan toko dapat dihindari dan informasi yang diperoleh pemilik lebih akurat.
Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Pembelian, Retur Pembelian, Penjualan, Persediaan
ABSTRACT
This research aims to find out the problems encountered in SW Store, related to accounting information systems that runs and provide recommendations as a solution to overcome these problems.
This study uses a case study approach. Data collection methods used were interviews and direct observation to the object of research.
Observations show that the control over inventory is still lacking and there are many weaknesses that enable fraud and the information obtained by the owner is not accurate. With the proposed accounting system, it create a surveillance and control of inventory, things that adverse the store can be avoided, and the information obtained by the owner is more accurate.
Keywords: Accounting Information Systems, Purchasing, Purchase Return, Sales, Inventory.