Abstrak


Kualitas Limbah Cair Industri Mi Soun Dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan, Kelangsungan Hidup Dan Struktur Mikroanatomi Insang Ikan Nila (Oreochromis niloticus)


Oleh :
Arum Asri Trisnastuti - M.0410007 - Fak. MIPA

Industri tepung aren dukuh Bendo, Daleman, Tulung, Klaten yang salah satu hasil produksinya mi soun membuang limbah cair ke lingkungan tanpa pengolahan. Hal ini dapat menurunkan kualitas air dan mengganggu kehidupan organisme perairan di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas limbah cair mi soun mengacu pada Perda Jateng Nomor 5 tahun 2012 dan pengaruh limbah cair mi soun terhadap pertumbuhan, tingkat kelangsungan hidup dan struktur mikroanatomi insang ikan Nila (Oreochromis niloticus).
Pada penelitian ini dilakukan uji penentuan konsentrasi limbah untuk penelitian terlebih dahulu yaitu dengan melakukan pemeliharaan ikan selama 10 hari pada konsentrasi limbah 0%, 10%, 25%, 50%, 75% dan 100% dan dicatat ikan yang mati 50%. Setelah itu pada uji selanjutnya ditentukan 5 konsentrasi dibawah konsentrasi yang didapatkan dari penelitian di atas. Uji dilakukan dengan Rancangan Acak Lengkap menggunakan 5 perlakuan konsentrasi limbah dengan 3 kali ulangan dan diamati setiap 10 hari selama 30 hari masa percobaan. Data pertumbuhan dan kelangsungan hidup dianalisis dengan ANOVA (Analysis of Variance) untuk mengetahui pengaruh perlakuan dilanjutkan pula dengan uji DMRT untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan dengan derajat kepercayaan 95%, sedangkan data struktur mikroanatomi insang nila diambil pada akhir masa percobaan dan dianalisis dengan analisis deskriptif.
Hasil yang didapatkan yaitu limbah cair mi soun bilasan ke- 1, 2, 3, 4, 5 dan campuran dari semua bilasan melebihi baku mutu. Pemeliharaan ikan Nila dilakukan pada konsentrasi limbah 4%, 3%, 2%, 1%, 0,5% dan kontrol selama 30 hari menunjukkan hasil pada uji ANOVA yaitu konsentrasi limbah tidak memberi pengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan spesifik, laju pertumbuhan panjang harian dan tingkat kelangsungan hidup ikan Nila. Kerusakan struktur mikroanatomi insang Nila yang ditemukan yaitu edema, hiperplasia lamela sekunder, hiperplasia lamela primer dan fusi lamela.
Kata kunci : limbah cair mi soun, pertumbuhan, kelangsungan hidup, lamela, Oreochromis niloticus.