Abstrak


Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Tingkat Pendidikan, Dan Pengalaman Kerja Pejabat Penatausahaan Keuangan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah: Studi Kasus Pada Kabupaten Ngawi Dan Kabupaten Pacitan


Oleh :
Beltian Hanny Priyatna - F0311029 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN PENGALAMAN KERJA PEJABAT PENATAUSAHAAN KEUANGAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH: STUDI KASUS PADA KABUPATEN NGAWI DAN KABUPATEN PACITAN

BELTIAN HANNY PRIYATNA
F 0311029

    Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemahaman akuntansi, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja dari Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah yang dihasilkan di Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Pacitan.
    Sampel dari penelitian ini adalah Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di seluruh Kabupaten Ngawi dan Pacitan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei berupa kuesioner dan menggunakan analisis regresi berganda (Multiple Regression Analysis). Penelitian ini menggunakan level signifikansi (α) sebesar 5%.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman akuntansi berpengaruh signifikan positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, (2) Tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dan (3) Pengalaman kerja berpengaruh negatif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Kata Kunci :
Pemahaman Akuntansi, Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja, Kualitas Laporan Keuangan, Pemerintah Daerah.