Abstrak


Analisis Perubahan Likuiditas Di Sekitar Pengumuman Pemecahan Saham Yang Terjadi Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009 – 2013


Oleh :
Rodhiyah Amalia Rikha - F0211089 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
ANALISIS PERUBAHAN LIKUIDITAS DI SEKITAR PENGUMUMAN PEMECAHAN SAHAM YANG TERJADI DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)
PERIODE 2009-2013

Oleh:
RODHIYAH AMALIA RIKHA
F0211089

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya perubahan likuiditas saham di sekitar pengumuman pemecahan saham (stock split). Turnover ratio saham digunakan sebagai pengukur likuiditas saham, sedangkan harga saham, volume perdagangan, dan risiko sistematis dari tingkat pengembalian saham digunakan sebagai variabel kontrol dari stock split. Penelitian ini juga meneliti adanya perubahan likuiditas saham jangka panjang setelah adanya pengumuman stock split.
Sampel penelitian yang digunakan adalah 30 perusahaan go public yang terdaftar di BEI. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, yaitu data tersedia di BEI meliputi harga saham, volume perdagangan dan informasi mengenai stock split.
Metode pengujian yang digunakan adalah regresi berganda data panel, karena data yang diuji berupa cross-secton dan time series. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel harga, dan volume perdagangan terhadap turnover ratio sedangkan variabel risiko berhubungan negatif dengan turnover ratio, namun tidak ditemukan adanya perubahan likuiditas saham dalam jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang.


Kata Kunci: likuiditas saham, pemecahan saham, tingkat pengembalian, turnover ratio