Abstrak


Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri Pajang IV Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015


Oleh :
Ari Agustiani - K7111020 - Fak. KIP

ABSTRAK
Ari Agustiani. PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN BERBICARA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD
NEGERI PAJANG IV LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN
2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas
Maret Surakarta. Mei 2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan keterampilan berbicara
pada peserta didik kelas II SD Negeri Pajang IV Laweyan Surakarta dengan
menggunakan media video.Bentuk Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas II SD Negeri Pajang IV yang berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi atau arsip. Uji Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif dari Miles & Huberman.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berbicara peserta didik sebelum tindakan, yaitu 61,78 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 25,9%. Setelah tindakan pada Siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 67,11 dengan persentase ketuntasan klasikal 51,85%. Setelah tindakan pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,41 dengan persentase ketuntasan klasikal 70,37%, dan pada siklus III, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,70 dengan persentase ketuntasan klasikal 81,48%.
Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media video dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas II SD Negeri Pajang IV Laweyan Surakarta tahun ajaran 2014/2015.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Media video, Keterampilan berbicara