Abstrak


Peningkatan hasil belajar gerak dasar lompat jauh melalui pendekatan bermain pada siswa kelas iv sekolah dasar negeri 04 Mulur Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014


Oleh :
Khairil Nur Arfian - K4608058 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat jauh pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Mulur Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014 melalui penerapan pendekatan bermain.
Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksankan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan untuk tiap siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 04 Mulur Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa, 3 siswa putra dan 17 siswa putrid. Sumber data untuk penelitian ini berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan gerak dasar lompat jauh dan pengamatan dari proses pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yang didasarkan pada anlisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat jauh pada siswa dari prasiklus ke siklus satu dan dari siklus satu ke siklus dua. Dari analisis data diperoleh hasil pada siklus satu terjadi peningkatan hasil belajar lompat jauh untuk siswa yang tuntas yaitu 60% atau 12 siswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus duapeningkatan hasil belajar lompat jauh sebesar 85% atau 17 siswa yang tuntas.
Simpulan penelitian tindakan kelas ini adalah melalui penerapan tindakan bermain dapat meningkatan hasil belajar gerak dasar lompat jauh pada siswa kelas IV SD N 04 Mulur Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014.

Kata Kunci :lompat jauh, hasil belajar gerak dasar lompat jauh, penerapan pendekatan bermain.