Abstrak


Faktor-faktor yang mempengaruhi transparansi pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsi yang dipublikasikan pada website resmi pemerintah provinsi


Oleh :
Maya Larasati Ardini - F.0309107 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini menguji faktor-faktor yang mempengaruhi transparansi laporan keuangan pemerintah provinsi yang dipublikasikan pada website resmi pemerintah provinsi. Faktor-faktor tersebut dibagi dalam tiga kategori, yaitu karakteristik pemerintah, kompleksitas pemerintah, dan hasil audit. Dalam penelitian tersebut kategori karakteristik pemerintah daerah diukur dengan kekayaan daerah, tingkat ketergantungan, dan total asset. Untuk kategori kompleksitas pemerintah diukur dengan jumlah penduduk dan jumlah SKPD. Sedangkan untuk kualitas audit diukur berdasarkan jumlah temuan, tingkat penyimpangan, dan opini audit.
Hasil penelitian menunjukkan variabel tingkat kekayaan daerah dan populasi penduduk berpengaruh positif signifikan terhadap transparansi laporan keuangan yang diungkapkan dalam website pemerintah daerah. Variabel tingkat ketergantungan, jumlah SKPD, temuan audit, tingkat penyimpangan, dan opini audit tidak berpengaruh signifikan terhadap transparansi laporan keuangan yang diungkapkan dalam website pemerintah daerah. Sedangkan variabel total aset berpengaruh negatif signifikan terhadap transparansi laporan keuangan yang diungkapkan dalam website pemerintah daerah.
Kata Kunci:
Kekayaan daerah, tingkat ketergantungan, total asset, jumlah penduduk, SKPD, jumlah temuan, tingkat penyimpangan, opini audit.