Abstrak


Efektivitas metode pembelajaran project based learning (pjbl) disertai media mind map terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem koloid di kelas xi ipa sma al islam 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014


Oleh :
Lucky Azizatul Lukman - K3310053 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) disertai media Mind Mapp terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Al Islam Surakarta tahun ajaran 2013/2014 dalam materi sistem koloid.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan penelitian menggunakan Randomized Control-group Post Test Only Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 untuk kelas ekserimen dan XI IPA 4 untuk kelas kontrol di SMA Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes objektif untuk prestasi belajar kognitif dan angket untuk prestasi belajar afektif. Teknik analisa data menggunakan uji t-pihak kanan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) disertai media Mind Map efektif terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan Sistem Koloid siswa kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji t-pihak kanan untuk prestasi belajar kognitif diperoleh thitung = 2,08237 > ttabel = 1,67 dan untuk prestasi belajar afektif diperoleh thitung = 2,62 > ttabel = 1,67.
Kata Kunci : Penelitian Eksperimen, Project Based Learning (PjBL), Mind Mapping, prestasi belajar, Sistem Koloid.