Abstrak


Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Pasar (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan di Indonesia)


Oleh :
Ayunda Fitri April Lia - F1312022 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal intelektual terhadap kinerja perbankan di Indonesia. Untuk mengukur modal intelektual, penelitian ini menggunakan model VAIC yang diusulkan oleh Chen et al (2005). Model VAIC terdiri dari value added capital employee (VACA), value added human capital (VAHC) dan value added structural capital (STVA). Dalam penelitian ini, kinerja bank menggunakan dua jenis pengukuran, yaitu kinerja pasar (yaitu Tobin dan MB) dan kinerja keuangan (ROA). Prosedur pengambilan sampel dari penelitian ini adalah purposive sampling dari 154 bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2009-2013. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda.
Hasil analisis menunjukkan bahwa VACA berhubungan positif dan signifikan dengan kinerja keuangan (ROA), sedangkan VAHC berhubungan positif dan signifikan terhadap kinerja pasar (Tobin dan MB) dan kinerja keuangan (ROA). Selain itu, AD berhubungan positif dan signifikan terhadap kinerja pasar (MB) dan kinerja keuangan ROA).
Kata kunci: Value added intellectual capital (VAIC), Tobin’s q, Market to book Value (MB), Return on Asset (ROA)
ABSTRACT
The purpose of this study is to investigate the effect of intellectual capital on the performance of banking sector in Indonesia. To measure intellectual capital, this study employs VAIC model proposed by Chen et al. (2005). The VAIC model consists of value added capital employee, value added human capital and structural capital value added. In terms of bank performance, this study employs two type measurements, namely market performance (i.e. Tobin’s q and MB) and financial performance (ROA). The sampling procedure of this study is purposive sampling producing 154 listed banks in IDX in the period 2009-2013. The method of analysis is multiple regression.  
The results of analysis indicate that VACA has a positive and significant association with the financial performance (ROA), while VAHC has a positive and significant effect on market performance (Tobin's q and MB) and financial performance (ROA). Furthermore, AD has a positive and significant effect on the market performance (MB) and financial performance (ROA).
Keywords: Value Added Intellectual Coefficient (VAIC), Tobin’s q, Market to Book Value (MB), Return on Asset (ROA)