Abstrak


Satire dalam lirik lagu bahasa jawa karya jogja hip-hop foundation (Analisis Semiotika Michael Riffaterre)


Oleh :
Bungsu Ratih Puspito Rini - C0109005 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu, (1) Bagaimanakah struktur sembilan lirik lagu bahasa Jawa karya Jogja Hip hop Foundation? (2) Bagaimanakah matriks dan model yang terdapat dalam sembilan lirik lagu bahasa Jawa karya Jogja Hip hop Foundation? (3) Bagaimanakah ungkapan satire yang terdapat dalam sembilan lirik lagu bahasa Jawa karya Jogja Hip hop Foundation?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu, (1) Mendeskripsikan struktur sembilan lirik lagu bahasa Jawa karya Jogja Hip hop Foundation. (2) Mendeskripsikan matriks dan model yang terdapat dalam sembilan lirik lagu bahasa Jawa karya Jogja Hip hop Foundation. (3) Mendeskripsikan satire yang terdapat dalam sembilan lirik lagu bahasa Jawa karya Jogja Hip hop Foundation. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penulisan ini adalah sembilan lirik lagu berbahasa Jawa karya Jogja Hip Hop Foundation yang tergabung dalam album Poetry Battle 1, Poetry Battle 2, Jogja Istimewa dan single lepas. Sembilan lirik lagu tersebut adalah Jogja Hip hop Foundation yang berjudul Jogja Istimewa, Jula-juli Guru, Mbayar SPP, Jula-juli Lolipop, Jula-juli Jaman Edan, Song of Sabdatama, Ngelmu Pring, Ora Cucul Ora Ngebul, Jogja Ora Didol. Metode penelitian untuk menganalisis adalah menggunakan pendekatan semiotika Michael Riffaterre yang terdiri dari pembacaan heuristik dan hermeneutik, pencarian hipogram, matriks dan model serta analasis bentuk satire yang terdapat dalam sembilan lirik lagu tersebut.
Berdasarkan analisis, ada beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penulisan ini. Pertama, struktur yang membentuk sembilan lirik lagu karya Jogja Hip-Hop Foundation didominasi oleh penciptaan arti (creating of meaning) yang berbentuk orkestrasi bunyi eufoni dalam setiap akhiran fonem. Kedua, matrik dan model yang terdapat dalam sembilan lirik lagu karya Jogja Hip Hop Foundation mengandung pesan yang dapat diambil untuk dijadikan tauladan dalam kehidupan manusia. Manusia harus ingat bahwa kehidupan yang dijalani mencakup empat hal, untuk kehidupannya pribadi, hidup bersama manusia lainnya, hidup bersama alam dan maklhuk Tuhan yang lain, serata hidup sebagai makhluk Tuhan itu sendiri. Ketiga, ungkapan satire yang terdapat dalam sembilan lirik lagu karya Jogja Hip Hop Foundation ditujukan kepada pemerintah, seniman, masyarakat umum dan para investor.
Kata kunci : Jogja Hip Hop Foundation, Satire, Semiotik, Michael Riffaterre