Abstrak


Hasil belajar keterampilan bulutangkis ditinjau dari kemampuan motorik, koordinasi mata-tangan, dan persepsi kinestetik pada mahasiswa putra penkepor semester iv jpok fkip uns tahun akademik 2013/2014


Oleh :
Muhammad Cahya Buana - K5610054 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah : (1)  Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan motorik dengan hasil belajar keterampilan bulutangkis pada mahasiswa putra Penkepor Semester IV JPOK FKIP UNS Surakarta. (2)  Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan koordinasi mata-tangan dengan hasil belajar keterampilan bulutangkis pada mahasiswa putra Penkepor Semester IV JPOK FKIP UNS Surakarta. (3)  Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan persepsi kinestetik dengan hasil belajar keterampilan bulutangkis pada mahasiswa putra Penkepor Semester IV JPOK FKIP UNS Surakarta dan bila ada seberapa besar hubungan tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan studi korelasional. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Penkepor Semester IV JPOK FKIP UNS surakarta yang mengikuti perkuliahan bulutangkis pada tahun akademik 2013/2014. Penetapan sampel yang digunakan adalah purposive sampling berjumlah 58 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes dan pengkuran yang terdiri dari empat variabel yaitu kemampuan motorik, koordinasi mata-tangan, persepsi kinestetik dan hasil belajar keterampilan bulutangkis. Untuk mengukur kemampuan motorik dengan tes medicine ball, standing broad jump dan dogging run. untuk mengukur koordinasi mata-tangan dengan lempar tangkap bola tenis. Untuk mengukur persepsi kinestetik dengan vertical dan horizontallinear space test. Dan tes keterampilan bulutangkis. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan analisis regresi tiga prediktor dengan taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1)  Ada hubungan yang signifikanantara kemampuan motorik dengan hasil belajar keterampilan bulutangkis, rhitung=0,461 >rtabel= 0,260 dan memberikan sumbangan sebesar 19,40%.   (2)  Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata-tangan dengan hasil belajar keterampilan bulutangkis, rhitung= 0,341 >rtabel= 0,260 dan memberikan sumbangan sebesar 8,85%.  (3)  Ada hubungan yang signifikan antara persepsi kinestetik dengan hasil belajar keterampilan bulutangkis, rhitung= 0,367 >rtabel= 0,260dan memberikan sumbangan sebesar 12,48%.  (4)  Ada hubungan yang   kemampuan motorik, koordinasi mata-tangan,  persepsi kinestetik dengan hasil belajar keterampilan bulutangkis. Nilai Fhitung12,371>Ftabel 2,78 dan memberikan sumbangan sebesar 40,73%.Besarnya R² antara kemampuan motorik (X1), koordinasimata-tangan (X2), persepsi kinestetik (X3) dengan hasil belajar keterampilan bulutangkis (Y) adalah 0,407.