Abstrak


Analisis keruangan dialek bahasa jawa di kabupaten Klaten tahun 2013


Oleh :
Achmad Syarif - K5409001 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persebaran dialek Bahasa Jawa di Kabupaten Klaten tahun 2013 dan mengetahui penyebab variasi dialek Bahasa Jawa di Kabupaten Klaten secara regional.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif spatial. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan tuturan bahasa jawa dan segala aspeknya yang digunakan oleh informan sebagai penutur bahasa Jawa di wilayah Kabupaten Klaten dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian ini adalah 1) dari 24 kata yang diujikan di Kabupaten Klaten, variasi dialek tersebar di seluruh kecamatan di kabupaten Klaten. Terdapat dua yang tidak memiliki variasi dialek yaitu kata “bungsu” dan “menyabit rumput”. 2) Perbedaan variasi dialek disebabkan karena peranan bahasa tetangga yaitu peranan Bahasa Jawa Surakarta dan Bahasa Jawa Yogyakarta. Faktor tersebut terbukti pada beberapa dialek yang sama antara dialek Bahasa Jawa Kabupaten Klaten dengan Bahasa Jawa Yogyakarta maupun dialek Bahasa Jawa Kabupaten Klaten dengan Bahasa Jawa Surakarta.
Kata Kunci: Dialek, Region.