;

Abstrak


Nilai moral dalam sêrat laksitaraja karya kgpaa mangkunagara iv


Oleh :
Darweni - S701208002 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini berjudul Nilai Moral dalam Sêrat Laksitaraja Karya KGPAA Mangkunegara IV. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi dua hal,yaitu 1) Bagaimanakah nilai moral yang terkandung dalam Sêrat Laksitaraja karya KGPAA.Mangkunegara IV; 2) Bagaimanakah relevansi ajaran moral Sêrat Laksitaraja karya KGPAA Mangkunegara IV dalam kehidupan di masa kini. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan isi Sêrat Laksitaraja karya KGPAA Mangkunegara IV; 2) mendeskripsikan nilai moral dalam Sêrat Laksitaraja karya KGPAA Mangkunegara IV serta relevansinya di masa kini.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang disesuaikan dengan kajian filologis. Kajian secara filologis melalui tahapan penentuan sasaran penelitian, observasi pendahuluan, inventarisasi naskah, deskripsi naskah, transkripsi naskah, dan terjemahan.
Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik inventarisasi naskah melalui katalog-katalog naskah Jawa. Berdasarkan inventarisasi, dalam penelitian ini ditemukan satu naskah yaitu naskah dan teks Sêrat Laksitaraja dengan nomer katalog A.192 koleksi perpustakaan Reksopustoko Pura Mangkunegaran Surakarta. Dan dinyatakan naskah tersebut sebagai naska kuno dan kondisinya baik. Naskah ini dijadikan dasar suntingan.
Isi teks Sêrat Laksitaraja karya KGPAA Mangkunegara IV terdiri dari : nilai moral seorang pemimpin yang meliputi : Nilai moral pemimpin terhadap Tuhan, nilai moral pemimpin terhadap manusia/lingkungan, nilai moral pemimpin terhadap diri - sendiri , dan relevansi nilai moral pemimpin di masa kini.
Kata kunci : Nilai Moral, Sêrat Laksitaraja, Mangkunegara IV