Abstrak


Pengaruh firm-bank relationship pada debt maturity (Studi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Furniture di Surakarta)


Oleh :
Lila Nuryani - F0211066 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh firm-bank relationship pada debt maturity perbankan. Firm-bank relationship diukur melalui dua indikator berupa eksklusivitas hubungan dan ketersediaan hard information yang diperoleh dari laporan keuangan UMKM. Dengan menggunakan sampel 112 UMKM furniture yang ada di Surakarta, Karanganyar, Sragen, Sukoharjo, dan Klaten menggunakan metode purposive sampling, penelitian ini ingin mengetahui seberapa besar faktor firm-bank relationship mempengaruhi pertimbangan bank umum dalam memutuskan debt maturity kepada UMKM.
Tidak hanya firm-bank relationship, peneliti juga menyertakan variabel kontrol firm characteristic berupa jenis usaha, usia usaha, dan ukuran usaha. Regresi logistik menjadi metode yang digunakan dalam pengujian, karena variabel independen dan variabel kontrol dalam penelitian yang sifatnya metrik dan non-metrik. Hasil menunjukkan bahwa keberadaan hubungan mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap debt maturity, sedangkan hard information mempengaruhi secara negatif. Lebih lanjut, penelitian juga menemukan bahwa pengaruh hubungan dan hard information memiliki pengaruh yang berbeda, tergantung dari jenis usaha.
Kata Kunci: maturitas hutang, hubungan perusahaan dengan bank, karakteristik perusahaan, UMKM